Feb 17, 2008

Pelem Colongan?emoh ah....

Kalau ingat jaman muda-muda dulu....rasanya sekarang aku sudah semakin tua,yuswanipun sampun nambah mbakyu. Awal tigapuluhan, hmmmm.....
#
Seperti yang pernah aku ceritakan,SMIP terletak di jero beteng alias di dalam lingkungan keraton Solo, dan memangpun gedungnya merupakan bagian dari peninggalan keraton.

Jadi kanan kiri depan belakang, ya masih berbau keraton. Kecuali kamu keluar dari 'kepungan betengnya' barulah bau-bau keraton sedikit berkurang.

Kalau istirahat, bisa aja makan di warung belakang yang nempel dg gedung sekolah, aku ingat yg paling sering aku beli adalah perkedil kentangnya...ueenyak.....Kalau di luar gedung sekolah, paling banter jajan di warung sotonya Mas wied (kalau nggak salah itu namanya). Sebenarnya lebih tepat disebut warung tenda, karena memang bentuknya terkesan darurat. Sebuah meja panjang dengan kerusi kayu panjang yang diletakkan dikedua belah sisinya. Menu utama yang di sajikan ya Soto, lainnya gorengan, tempe. Murah meriahlah untuk golongan anak-anak sekolah. Oya, aku juga ingat es favoritku waktu itu, es melon. Memang enak ,manis-manis seger,opo meneh kalau musim panas. Ditambah seritan melonnya yang krinyis-krinyis.

Lain perempuan lain pula tingkahnya murid lelaki. Sebagai makhluk yang katanya pelindung wanita,mereka ini memang tergolong kreatif banget. Aku punya teman ,sebut saja Gendon, nah gendon ini ada CSnya,geng lah. Kalau istirahat beliau bukannya makan atau merehatkan otak,tapi malah cari kerjaan sampingan. Pernah suatu hari, di saat musimnya buah mangga atau pelem(jawa-red) Si Gendon dan CS nya ini tiba-tiba hilang dari peredaran.

Ternyata, setelah aku mendapat laporan dari 'intel'ku ,rupanya gendon cs lagi gropyok pelem. Dan gropyoknya bukan di sembarangan tempat lho, tapi di sitihinggil kraton. Ck...ck...memang betul-betul kurang kerjaan, apa nggak takut kualat?!! dan yang paling bikin aku shock, rupanya intelku membawa message khusus dari Gendon buat ku seorang , isinya..."mau nggak pelem enak, kalau mau nanti di bawain"gitu pesan singkatnya...

Oalah Le...le...!Weh..weh...wis nyolong kok isih golek kroni..he..he...lagian siapalah yang mau dengan pelem colongan! ngambilnya di Sitihinggil lagi. Dasar ni anak.....minta diapaain ya.....(grrrr). Tapi aku salut lho ndon, atas usahamu waktu itu, aku nggak tahu niat sebenar di sebaliknya sih. tapi caramu salah. itu bukan caranya bro!
And for you information,'intel'ku sekarang sudah jadi intel beneran lho. She deserves it. and about you...I have no idea. hope you succeed somewhere.

0 comments: